FOSSGrafis.com

All About Graphics Open Source Tutorial

Membuat Kotak Kado di Inkscape

Posted by on Jun 9, 2012 in Inkscape, Tutorial | Tulis Komentar

Produk akhir

Dalam rangka resepsi pernikahan CEO Fossgrafis.com Aditia A. Pratama yang tepat jatuh pada hari ini, maka dalam tutorial ini saya akan coba membahas bagaimana membuat kado menggunakan Inkscape, secara spesial tutorial ini dibuat untuk Mas Aditia semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah dan semoga pernikahannya selalu diberkahi oleh Allah SWT, amin,… ^_^

Dan semoga tutorial ini bermanfaat bagi kalian yang ingin membuat Kado untuk hadiah menggunakan Inkscape, selamat mengikuti tutorial ini,… ^_^


Langkah 1
dengan menggunakan rectangle tool buat sebuah persegi sempurna dengan menekan control, klik dua kali pada object kemudian tarik sisi dari rectangle untuk skew sebesar -15.

 


Langkah 2
Duplikat objek kemudian flip horizontally, aktifkan snap to cusp nodes dan letakkan objek hasil duplikat setelah itu scale objek ke kiri seperti gambar dibawah ini.


Langkah 3
masih dengan mengaktifkan snap to cusp nodes, buat garis menggunakan bezier tool dengnan mengikuti garis tepi, kemudian duplikat garis dan letakkan di atas garis pertama dengan menggunakan cusp node to cusp node.


Langkah 4
dengan menggunakan edit path by nodes, seleksi kedua titik di kiri kemudian join selected nodes lakukan juga unutk dua titik di kanan dan beri warna untuk membedakan.


Langkah 5
duplikat objek hasil tutup box kemudian scale kebawah, agar terlihat jelas gunakan hanya stroke alias tanpa fill, kemudian duplikat rectangle dan seleksi bersamaan dengan objek stroke Path>Intersection, lakukan juga untuk rectangle lainnya kemudian seleksi bagian tutup box dan scale seperti gambar dibawah ini.


Langkah 6
Untuk membuat pita, gunakan rectangle tool, kemudian untuk membuatnya tepat berada di tengah maka gunakan align yakni center on vertical axis kemudian duplikat objek rectangle kiri dan Path>Intersection.


Langkah 7
Buat lagi persegi menggunakan rectangle tool (biru), sama halnya dengan persegi sebelumnya, gunakan align center on vertical axis agar objek berada ditengah, kemudian pindahkan titik rectangle (merah) ke titik rectangle (biru), hapus rectangle biru. Lakukan juga untuk pita sebelah kanannya.


Langkah 8
dengan menggunakan bezier tool buat garis dengan mengikuti tepi garis tutup box, pindahkan ke titik pita dan lakukan untuk titik yang lain seperti gambar dibawah ini.


Langkah 9
Seleksi dua titik dengan join selected endnodes with a new segment di semua sisi. Setelah itu beri warna dan seleksi kedua objek kemudian Path>Union.


Langkah 10
dengan menggunakan bezier tool buat garis mengikuti tepi pita kiri kemudian scale perbesar seperti gambar dibawah ini kemudian geser garis kebawah menggunakan arrow di keyboard kira-kira dua kali dan lakukan juga untuk pita yang lainnya kemudian convert semua garis menjadi path Path>Object to path.


Langkah 11
duplikat pita tutup box kemudian kombinasikan semua garis dengan Path>Intersection.


Langkah 12
masih menggunakan bezier tool, buat garis mengikuti tepi pita sebelah kiri, drag node garis cusp node to cusp node ke node garis tutup box.

 

seleksi dua node atas kemudian join selected endnodes with a new segment lakukan juga untuk garis dibawahnya.

lakukan ke semua tepi garis lainnya.


Langkah 13
untuk warna rectangle kanan bawah dengan menggunakan gradient pilih linear gradient kemudian beri warna f2f2f2ff dan ccccccff , untuk rectangle kiri bawah gunakan warna ccccccff.


Langkah 14
beri warna pada rectangle tutup box sebelah kiri dengan ccccccff dan sebelah kanannya ecececff untuk tutup box paling atas beri warna f2f2f2ff.


Langkah 15
beri warna pada pita tebal sebelah kiri dengan gradient tool pilih linear gradient kemudian kombinasikan dengan warna secara berurutan fe0002ff, 9e0000ff, fe0000ff, fc755dff dan fe0000ff, lakukan untuk semua sisi pita tebal.


Langkah 16
sama halnya dengan pita tebal, untuk warna pita dalam gunakan gradient tool dengan memilih linear gradient dengan kombinasi warna secara berurutan 463009ff, e8f2d0ff, c3a737ff, ffffffff, 834f13ff, e1bb3cff, 895515ff, fbbb54ff, fffbf5ff, 6c4e1cff dan ded3b4ff.

lakukan untuk semua sisi pita dalam.


Langkah 17
Untuk highlight atau efek cahaya gunakan bezier tool, buat garis stroke dengan mengikuti tepi dari tutup box dan rectangle dibawahnya kemudian beri warna putih dengan blur 0.5.


Langkah 18
sekarang kita buat bayangan untuk tutup kado yakni dengan menduplikat belah ketupat tutup kado paling atas kemudian berikan hanya stroke agar terlihat dan geser kebawah seperti gambar dibawah ini kemudian dengan menggunakan edit path by nodes hapus bagian atas node dengan terlebih dahulu break path at selected nodes.

 

kemudian buat beberapa segment menggunakan bezier tool untuk menyesuaikan dengan besar objek dibawahnya.

Duplikat kedua rectangle paling bawah kemudian kombinasikan dengan menggunakan Path>Intersection.

 

beri warna b9b9b9ff dan simpan dibawah tutup box dengan menggunakan lower selection one step beberapa kali.


Langkah 19
Dengan menggunakan bezier tool buat sebuah ikat pita, buat objek 1 dan 2, duplikat objek 2 lakukan kombinasi menggunakan intersection sehingga terbentuk potongan, kemudian objek 1 dan 2 seleksi dan combine, gabungkan dengan objek hasil intersection.

buat objek 1 dan 2, duplikat objek 2 lakukan kombinasi menggunakan intersection sehingga terbentuk potongan, kemudian objek 1 dan 2 seleksi dan combine, gabungkan dengan objek hasil intersection.

buat objek pendukung lainnya, seperti simpul ikat dan ujung ikat.

gabungkan semua hasil pembuatan ikat.


Langkah 20
Pewarnaan pada ikat, pada ikat sebelah kiri gunakan radial gradient dengan kombinasi warna ff0000ff dan d40000ff, kemudian untuk bawahannya gunakan linear gradient dengan kombinasi warna aa0000ff dan 800000ff.

untuk ikat sebelah kanan gunakan radial gradient dengan kombinasi warna ff0000ff dan d40000ff, kemudian untuk bawahannya gunakan linear gradient dengan kombinasi warna aa0000ff dan 800000ff.

sama halnya dengan objek pendukung dari ikat, gunakan linear gradient, untuk ikat simpul gunakan kombinasi warna aa0000ff dan ff0000ff, kemudian untuk ujung pita kiri gunakan kombinasi warna aa0000ff dan d40000ff, dan untuk pita sebelah kanan gunakan kombiansi warna d40000ff dan aa0000ff.

inilah hasil pewarnaan dari ikat.

 


Langkah 21
Dengan menggunakan bezier tool, buat dua garis untuk pita dalam setelah itu perbesar stroke.

convert stroke menjadi path kemudian sesuaikan bentuk pita dalam, kamu bisa menggunakan edit path by node untuk menyesuaikan node, setelah itu kombinasikan dengan Intersection untuk memperbaiki tepi garis.

beri warna sama halnya dengan langkah ke 16.


Langkah 22

Beri efek stroke pada pita.

Beri efek stroke pada pita tebal.

Untuk stroke luar dari kotak dan pita, duplikat semua objek terluar kemudian Path>Union, Simpan di paling belakang dengan menggunakan Lower selection to bottom kemudian Path>Dinamic Offset tarik agak keluar sehingga mempunyai efek garis tegas seperti dibawah ini.


Langkah 23
untuk memberikan efek bayangan, duplikat belah ketupat pada tutup kado kemudian tarik kebawah dan simpan dibelakang dengan menggunakan Lower selection to bottom beri warna 808080ff dan Blur 3, scale sedikit kebawah,…. :)


Hasil akhir

dan akhirnya Kado untuk hadiah pun selesai, tinggal dikirim ke balikpapan,…^_^