Tutorial Dasar Memperbaiki Kualitas Foto dengan GIMP

Posted By on 22 Mar 2012 in GIMP, Tutorial

Salah satu kegunaan dari Gimp adalah untuk mengedit foto dari kamera digital yang sering kali hasilnya jauh dari sempurna, bahkan foto dari kamera DSRL pun masih memerlukan editing yang baik untuk menghasilkan gambar yang berkualitas.  Overexpose (terlalu banyak pencahayaan ) atau underexpose (kurang pencahayaan) dan tidak fokus adalah kesalahan yang sering terjadi dalam pengambilan gambar.  Maka dengan menggunakan Gimp, kita dapat mengkoreksi kesalahan-kesalahan tersebut.

Dalam tutorial kali ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa cara untuk mengkoreksi sebuah foto, sebetulnya cara termudah untuk memperbaiki kualitas foto adalah mengubah brightness/contrast , tapi kali ini kita akan menggunakan beberapa cara yang lebih baik yaitu memodifikasi Layer Mode, memakai fitur Unsharp Mask, dan blending layer.

Gambar yang akan saya gunakan diambil dengan kamera digital poket 12mb , keuntungan menggunakan kamera poket adalah karena praktis, namun kekurangannya adalah kualitas gambarnya tidak sebaik kamera DSRL, untuk itulah kita perlu memperbaiki kualitas gambarnya.

Buka gambar, kemudian klik layer pada Layer Box, pilih Duplicate Layer untuk membuat copy dari background layer.

Ubah warna layer baru tersebut dengan menggunakan fitur Desaturate ; Color > Desaturate , pilih Shades of Gray : Lightness, Luminosity atau Average yang paling cocok dengan gambar yang anda gunakan.

Pilih Filters > Blur > Gaussian Blur , ubah Blur Radius menjadi 100 px atau lebih

Ubah Layer Mode menjadi Divide , kemudian atur Opacity menjadi sekitar 10%. Dengan fitur layer mode Divide ini kita dapat menaikkan contrast  dan brightness gambar tersebut tanpa membuat gambar menjadi terlalu gelap jika dibandingkan dengan menggunakan fitur brightness/contrast biasa.

Setelah itu gabungkan kedua layer tersebut ; Layer > Merge Down

Salah satu fitur untuk meningkatkan ketajaman fokus gambar adalah Unsharp Mask , fitur ini dapat memperbaiki kualitas ketajaman gambar tanpa memberi noise atau merusak gambar tersebut. Pilih Filters > Enhance > Unsharpen Mask , settingnya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, namun kali ini saya cukup memakai setting standarnya saja.

Pilih New Layer pada Layer Box, pilih Layer fill type Transparency . Pada layer yang baru  pilih foreground color dengan warna biru, dan background color dengan warna merah, gunakan Gradient Tool dengan shape Linear , setelah itu atur Opacity layer sekitar 10 – 20 % .  Kegunaan penambahan layer dengan gradient dua warna ini adalah untuk menambah tekstur warna gambar, silakan dicoba dengan menggunakan kombinasi warna lainnya yang sesuai dengan gambar yang anda gunakan.

Gambar di kiri adalah gambar asli , dan gambar di kanan adalah gambar hasil akhir editing.

 

Perlu diingat bahwa dalam mengedit foto yang terpenting adalah tidak banyak menggunakan fitur-fitur ini dengan ukuran setting yang terlalu besar, karena akan menghasilkan gambar yang tidak realistis, usahakan menggunakan fitur-fitur dengan secukupnya saja untuk menghasilkan gambar yang natural.

Demikianlah tutorial dasar editing foto dengan Gimp, semoga bermanfaat, dan semua kritikan serta saran sangat penulis harapkan dalam proses pembelajaran ini. terima kasih.

 

2 thoughts on “Tutorial Dasar Memperbaiki Kualitas Foto dengan GIMP”

Tinggalkan Komentar?

Your email address will not be published.

*